Apa itu linux ?

Linux adalah susatu sistem operasi yang bersifat multiuser dan multitasking. Linux dapat berjalan di berbagai platform termasuk intel 386 maupun yang lebih tinggi. OS ini mengimplementasikan standar POSIX.
Linux diambil dari nama penciptanya “Linus Torvalds”, yang sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama – sama dengan kernel menyusun suatu OS yang lengkap.
Lingkungan OS ini mencakup program yang termasuk kompiler, interpreter, editor, dan utilitas. Perangkat bantu yang membantu konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP, dan Interopibilitas.

DIFFICULT WORD :
Multiuser
Suatu sistem dimana lebih dar satu user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data / informasi orang dan prosedur melalui masing – masing komputer atau workstation
Multitasking
Pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan yang merupakan mekanisme kerja komputer
POSIX
Singkatan dari “Portable Operating System Interface for Unix” (Institute of Electical and Electronics Engineers) atau sering disebut IEEE yang mendefinisikan sekumpulan layanan dalam OS.
POSIX menentukan antarmuka pengguna dan antarmuka perangkat lunak beberapa OS dalam 15 dokumen yang berbeda. Antarmuka standar dalam POSIX adalah Korn Sheli yang digunakan untuk memasukkan perintah command line & pembuatan script
 
KERNEL
Suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani beberapa macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras secara aman dan mengatur kapan & berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut(multiplexing).
Kompilator / Compiler
Program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN, Visual Basic, Visual C#, Java, xBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.
Interpreter
Perangkat lunak yang berfungsi melakukan eksekusi sejumlah instruksi yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman, yang dapat berarti :
  1. Mengeksekusi sumber kode secara langsung, atau
  2. Menerjemahkannya ke dalam serangkaian p-code kemudian mengeksekusinya, atau
  3. Mengeksekusi kode yang telah dikompilasi sebelumnya oleh kompiler yang merupakan bagian dari sistem penerjemah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: