Tutorial Web Server

Tutorial Web Server (Virtual Host)

1. Sebelum membuat virtual host, sebaiknya DNS Server sudah berjalan dengan baik. Jika sudah berjalan kita sebaiknya menambahkan domain www ke file DNS forward terlebih dahulu, ini dilakukan agar saat mencoba koneksi ke web server, kita bisa melalui domain webserver tersebut. Berikut contoh nama file DNS forwardnya: dimas

Web Server

Masukkan perintah #nano nama folder untuk mengedit seperti contoh di atas.

– Lalu tambahkan ini didalam file dimas.

Screenshot from 2013-08-21 22_10_56

Jika sudah restart bind-nya dengan memasukkan perintah:
/etc/init.d/bind9 restart

2. Tahap selanjutnya mari kita install software web server, dalam kesempatan kali ini saya memakai apache. Masukkan perintah seperti dibawah ini:

Screenshot from 2013-08-21 22_11_59

– Jika sudah. Edit file /etc/apache2/sites-available/default seperti ini:

Screenshot from 2013-08-21 22_16_02

Berikut adalah tampilan settingan awal atau default:
Screenshot from 2013-08-21 22_18_08

Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberi contoh seperti ini: http://www.dimas.com adalah contoh domain saya yang saya buat di DNS Server. Itu bisa diganti sesuai dengan domain yang Anda buat di DNS server, dan IP 192.168.10.1 adalah ip yang saya buat. Bisa diganti sesuai IP yang Anda telah buat. DocumentRoot adalah letak file yg akan di load apache. Berikut tampilannya:

Screenshot from 2013-08-21 23_40_03

Jika selesai mengkonfigurasi simpan konfigurasi tersebut dan mari kita restart apache-nya.
Screenshot from 2013-08-21 22_20_09

3. Setelah selesai mengkonfigurasi semua yang diperlukan, mari kita lakukan pengujian melalui browser kesayangan Anda, masukkan nama domain Anda dikolom URL browser kesayangan Anda. Sebagai contoh saya akan menggunakan nama domain saya yang sudah saya buat di DNS Server saya.
Screenshot from 2013-08-21 22_21_16

Berikut adalah tampilan webserver yang telah berjalan. Anda bisa mengedit tampilan webserver Anda. Edit file index.html difolder /var/www masukkan perintah berikut: nano /var/www/index.html

Berikut adalah tampilan yang sudah di edit:

Screenshot from 2013-08-21 22_26_00

Anda bisa mengkreasikan tampilan sesuai dengan yang Anda inginkan. Terima kasih, selamat mencoba🙂

Leave a Reply

